Friday, December 13, 2019

PENGANTAR TEKNOLOGI SISTEM CERDAS


SISTEM CERDAS

Pengertian Sistem Cerdas
Sistem cerdas merupakan sistem yang dapat mengadopsi sebagian kecil dari tingkat kecerdasan manusia untuk berinteraksi dengan keadaan eksternak suatu sistem. Sebagian kecil dari tingkat kecerdaan itu antara lain kemampuan untuk dilatih, mengingat kembali kondisi yang pernah dialami, mengolah data – data untuk memberikan aksi yang tepat sesuai yang telah diajarkan dan kemampuan menyerap kepakaran seorang ahli melalui perintah yang dituliskan dalam sebuah bahasas pemrograman tertentu.

Karakteristik Sistem Cerdas
Mempunyai satu atau lebih sifat:

·         Mampu mengekstrak dan meyimpan pengetahuan
·         Proses penalaran seperti manusia
·         Pembelajaran dari pengalaman (atau Training)
·         Berurusan dengan ekspresi tidak tepat/teliti dari fakta
·         Menemukan solusi melalui proses serupa dengan evolusi alami
Sistem cerdas sudah banyak dijumpai di sekitar kita. Karena semakin bertambah majunya zaman maka komputer pun memiliki kemajuan yang cukup pesat, apalagi di bidang Sistem Cerdas/AI. Karena sekarang komputer tidak hanya digunakan untuk menghitung saja, banyak perlengkapan yang dapat membantu manusia yang dibuat dengan komputer.

Contoh Penggunaan Sistem Cerdas
Contoh penggunaan sistem cerdas dalam kehidupan sehari-hari adalah:
o   Aplikasi sistem pakar dalam bidang farmakologi dan terapi. 
Implementasi sistem pakar dalam bidang farmakologidan terapi sebagai pendukung pengambilan keputusan berbasis web dibuat dengan dasar pemikiran sebagai berikut : farmakologi dan terapi merupakan suatu sistem yang besar dan komplek. Tugas farmakologi dan terapi adalah mencari dasar penggunaan obat secara rasional untuk tindakan medis yang tepat, cepat dan akurat pada saat diperlukan. Dasar penggunaan obat tersebut disesuaikan dengan diagnosis penyakit yang dilakukan secara cermat berdasarkan keluhan-keluhan yang dirasakan oleh pasien. Implementasi farmakologi dan terapi di lapangan secara konvensional dituangkan dalam buku panduan yang dikeluarkan oleh dokter yang bersangkutan dan dilaksanakan oleh pihak-pihak yang bertanggungjawab terhadap masalah farmakologi dan terapi.

o   Vending Machine
mesin yang digunakan untuk mengeluarkan atau menjual produk secara otomatis tanpa operator. Operator tidak perlu menunggu mesin, tetapi hanya bertugas untuk mengisi, memeriksa ketersediaan barang yang dijual dan memeriksa mesin. Vending machine cukup membantu karena tidak perlu petugas untuk menjual produk di dalamnya.
Ø  Contohnya Vending Machine pada makanan ringan. bila Vending Machine tersebut ditaruh di tempat ramai seperti taman bermain maka Vending Machine dapat membantu para pengunjung untuk membeli makanan ringan dengan mudah, pengunjung hanya perlu memasukkan uang sesuai harga, setelah itu hanya perlu memasukkan kode makanan ringan menurut letaknya di dalam vending machine tersebut, maka setelah itu pengguna hanya perlu mengambil makanan ringan tersebut di tempat yang sudah disediakan.

Ø  Contoh berikutnya yaitu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) adalah sebuah alat elektronik yang melayani nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang "teller". Sama halnya seperti vending machine, ATM dapat digunakan tanpa operator secara langsung. Pengguna hanya perlu memasukkan kartu atm yang dimiliki lalu memasukkan PIN dan memilih transaksi apa yang akan digunakan. ATM sangat membantu karena keberadaannya sudah tersebar di tempat-tempat umum Hal itu memudahkan pengguna bila ingin melakukan transaksi tidak perlu pergi ke bank.
Namun adapun kekurangannya yaitu kurangnya edukasi terhadap masyarakat. Banyak yang belum mengerti cara penggunaan dari contoh contoh sistem pakar di atas. Apabila masyarakat lebih mengetahui tentang penggunaan dari contoh tersebut maka sistem cerdas akan lebih terasa manfaatnya.
  
Pengertian Artificial Intelligence
Hasil gambar untuk artificial intelligence
Artificial Intelligence
Menurut Stuart J. Russel dan Peter Norvig, AI atau kecerdasan buatan bisa dipahami sebagai sebuah perangkat komputer yang mampu memahami lingkungan di sekitarnya, sekaligus memberikan respons yang sesuai dengan tujuan tindakannya tersebut. Dalam hal ini, Minsky memberikan pengertian yang hampir sama. Menurutnya, kecerdasan buatan adalah satu ilmu yang mempelajari cara membuat komputer melakukan atau memproduksi tindakan sama seperti yang dilakukan manusia.
Melihat dua pengertian di atas, bisa disimpulkan jika Artificial Intelligence adalah satu ilmu untuk
merancang, membangun, dan mengonstruksi satu mesin (komputer) atau program komputer hingga memiliki kecerdasan layaknya manusia. Kecerdasan dalam hal ini adalah kemampuan untuk mengambil tindakan, atau menyelesaikan masalah layaknya manusia menggunakan kecerdasannya.
Lingkup penelitian Artificial Intelligence meliputi banyak aspek kemampuan kecerdasan manusia seperti penalaran, pengetahuan, perencanaan, pembelajaran, pemrosesan bahasa alami, hingga kemampuan untuk memanipulasi objek. Akhirnya, Artificial Intelligence diharapkan bisa menjadi sebuah mesin yang benar-benar memiliki kecerdasan umum layaknya manusia.
Lalu apa contoh Artificial Intelligence dalam kehidupan sehari-hari?

 Contoh Penerapan Artificial Intelligence

1.      SIRI
Hasil gambar untuk siri

SIRI
Bagi anda yang menggunakan produk dari Apple. Inc, mungkin sudah tidak asing lagi dengan asisten personal yang satu ini. Adalah SIRI, asisten komputer yang Aplle sediakan pada hampir semua produk elektroniknya mulai dari smartphone, laptop, hingga komputer desktop. Tampilan antar pengguna SIRI berupa suara manusia yang terlihat natural untuk diajak berkomunikasi layaknya manusia pada umumnya. Fungsi SIRI pada perangkat Apple sendiri adalah untuk membantu pengguna mendapatkan informasi, memberikan arahan pada peta, mengatur jadwal dan event, hingga melakukan panggilan ke nomor yang disebutkan. Dilengkapi dengan algoritma Machine Learning membuat SIRI mampu bertambah pintar setiap saat karena mempelajari setiap kebiasaan pengguna sebagai modal di masa mendatang.

2.      Alexa
Hasil gambar untuk alexa smart home
Alexa smarthome
Kecerdasan buatan yang kedua adalah Alexa. Hampir sama dengan SIRI, Alexa juga merupakan salah satu asisten personal cerdas yang bisa membantu kebutuhan penggunanya. Bedanya, Alexa dibuat oleh Amazon untuk ditanamkan pada perangkat pintar dalam konsep Smart Home (rumah pintar) seperti Smart-lamp, Smart-watch, Smart-speaker,dan Smart-TV. Yang paling menarik dari Alexa adalah ia dapat mengetahui di ruangan dan sebelah mana pengguna memberikan perintah. Jadi anda tidak perlu memberikan perintah di depan speaker untuk mendapatkan respons Alexa. Tinggal sebutkan perintah di manapun anda berada, dan Alexa akan meresponnya.

3.      Tesla
 Hasil gambar untuk tesla

Tesla Self-Driving car
Teknologi Self-Driving akhir-akhir ini semakin sering digembor-gemborkan. Bayangkan sebuah mobil bisa menyetir dirinya sendiri tanpa harus di kendalikan oleh supir manusia lagi. Itulah yang mampu di lakukan oleh AI yang disematkan Tesla, salah satu perusahaan otomotif dunia dalam mobil-mobil besutannya. Memang masih banyak pro-kontra dalam AI yang satu ini terkait jaminan keselamatan yang diberikan. Namun pada waktunya, mungkin seluruh mobil di dunia sudah tidak memerlukan sopir lagi.

Definisi dan Konsep Agen Cerdas

Pengertian Agen Cerdas

Agen cerdas (Artificial Intelligence) adalah sebuah agen yang menerima persepsi dari lingkungan dan melakukan tindakan.Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan kecerdasan buatan sehingga agen tersebut dapat berpikir dan bertindak selayaknya manusia (atau mungkin lebih baik dari pikiran manusia). Ilmu AI dalam permainan umumnya digunakan untuk membuat agen yang dapat mengambil tindakan, memiliki kecerdasan, dan bisa memahamikeputusan terhadap kondisi permainan yangdinamis

Konsep Agen Cerdas
1.      Rasional
Sebuah agen haruslah mengarah kepada “lakukan hal yang benar”. Berdasarkan kepada apa yang dapat dipahaminya dan tindakan yang dapat dilakukannya. Tindakan yang benar adalah tindakan yang akan menyebabkan agen tersebut paling berhasil. Untuk setiap deretan persepsi yang mungkin, sebuah agen rasional hendaklah memilih satu tindakan yang diharapkan memaksimalkan ukuran performance-nya, dengan adanya bukti yang diberikan oleh deretan persepsi dan apapunpengetahuan terpasang yang dimiliki agen itu.

2.      Autonomy
Agen dapat melakukan tindakan untuk memodifikasi persepsi masa depan sedemikian rupa hingga dapat memperoleh informasi yang berguna (pengumpulan informasi, eksplorasi). Sebuah agen adalah otonom (autonomous) apabila perilakunya ditentukan oleh pengalamannya sendiri (dengan kemampuan belajar dan beradaptasi).

3.      Reactivity
Dengan menggabungkan pengetahuan yang dimiliki dengan pengetahuan yang didapat dari lingkungannya, agen dapat menyimpulkan aspek lingkungan yang tersembunyi sebelum melakukan tindakan yang selektif. Agen Berbasis Pengetahuan bersifat fleksibel, mereka dapat beradaptasi dengan perubahan lingkungan dan memperbarui pengetahuan yang relevan.

PAGE (Percept, Action, Goal, Environment)
·         Percept : menyusun, mengenali, dan menafsirkan masukan.
·         Action : tindakan yang dilakukan.
·         Goal : tujuan utama yang berusaha dicapai (prioritas utama). 
·         Environment : lingkungan atau kondisi fisik yang mencakup sumber daya alam

PEAS(Performance measure, Environment, Actuator, Sensor)
·         Performance measure : proses pengumpulan, analisis, dan / atau pelaporan informasi mengenai kinerja
·         Enfironment : lingkungan atau kondisi fisik yang mencakup sumber daya alam
·         Actuator : mengontrol sebuah mekanisme atau sistem
·         Sensor : mendeteksi adanya perubahan lingkungan fisik maupun kimia

Contoh Agen Cerdas


Contoh Agen Cerdas
1.          Taksi Otomatis


Sebuah agent taksi otomatis yang menerima penumpang dan mengantarkannya ke tujuan.
Task environment:
·                     Performance measure (P): keamanan, kecepatan, legalitas, kenyamanan perjalanan, keuntungan, keselamatan, taat lalu lintas
·                     Environment: jalanan, lampu merah, lalulintas, pejalan kaki, cuaca.
·                     Actuators: stir arah, pedal gas, pedal rem, klakson, sinyal kiri/kanan.
·                     Sensors: kamera, sonar, speedometer, GPS, odometer, accelerometer, mesin sensor, keyboard (papan ketik).


2.          Sistem Diagnosis Medis
  Sebuah agent Medical diagnosis system yang mendiagnosa pasien secara otomatis. Task Environment :
·                     Performance measure: pasien sembuh, biya murah tidak menyalahi hukum.
·                     Environment: pasien, rumah sakit, suster, dokter.
·                     Actuators: layar monitor (pertanyaan, tes, diagnosa, treatment, petunjuk).
·                     Sensors: keyboard (masukan gejala penyakit, jawaban pasien).
 AC Otomatis
AC ini mampu menyesuaikan suhu ruangan sesuai dengan jumlah orang dalam ruangan tersebut sesuai dengan suhu lingkungan sekitar secara otomatis. Cara kerjanya adalah sensor yang ada di dalam AC akan melakukan scan untuk mendeteksi jumlah orang dalam ruangantersebut beserta suhu ruangan mula. Kemudian AC akan mengatur suhu sesuai dengan jumlahorang dalam ruangan dan inputan suara yang didapat, dan akan mati secara otomatis jika ruangan dalam keadaan kosong.
·                     Performance measure: Sehat (ramah lingkungan), nyaman, mudah dioperasikan, hemat biaya, kesesuaian suhu ruangan.
·                     Environment: orang, ruangan
·                     Actuators: Screen display (menampilkan suhu ruangan dan jumlah orang), evaporator, blower, filter udara.
·                     Sensors: Sensor suhu, sensor suara.


No comments:

Post a Comment

Transaksi Sistem Terdistribusi

BAB I PENDAHULUAN   A.     Latar Belakang   Biasanya transaksi flat atau nested mengakses objek yang berada pada satu server tungg...